UA-65026883-1

By Admin  Article Published 05 August 2015
 

Gem Identification
GEM's Name : RED CARNELIAN CHALCEDONY
Color RED
Refractive
Index (R1) :  ???
Specific Grav. :  ???
Characteristik : ???
Conclusion :  ???
 
Jalan Sehat Batu Mulia Gorontalo Siap Pecahkan Rekor MURI
 
Dalam waktu dekat, komunitas batu mulia di Gorontalo yang tergabung dalam Asosiasi Gemstone Gorontalo, akan mengadakan jalan sehat. Namun uniknya, para peserta jalan sehat ini akan memakai batu permata atau batu mulia. Jalan sehat ini juga ditargetkan untuk pencapaian rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).
 
“Kami masih akan rapat hari Selasa, sore ini, di rumah adat Dulohupa Kota Gorontalo, untuk membahas pencapaian rekor MURI batu mulia di Kota Gorontalo,” kata Yusharno Ahmad, salah seorang panitia kepada degorontalo, Selasa (3/02/2015).

Menurut Yus, rencananya kegiatan pemecahan rekor MURI yang diberi tajuk “Jalan Sehat dengan Batu Pertama Gorontalo” ini akan digelar pada tanggal 15 Februari 2015 mendatang. Pada saat itu juga, merupakan momentum perayaan ulang tahun Provinsi Gorontalo.
 
“Di saat bersamaan, juga akan diadakan pameran batu permata Gorontalo di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo,” ungkap Yus yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi Gemstone Gorontalo.
Yus mengatakan, peserta jalan sehat nanti diharapkan berjumlah ribuan orang. Target itu tidaklah muluk-muluk, sebab untuk PNS di Kota Gorontalo saja yang akan berpartisipasi berjumlah 8.000 orang. Konsepnya, peserta berjalan sehat sembari menggunakan asesoris batu permata, baik itu cincin, gelang, ataupun kalung.
 
“Jika masyarakat lain ingin berpartisipasi, kami lebih senang lagi.”
Rully Lamusu, pecinta batu mulia di Kota Gorontalo mengaku antusias menyambut rencana pemecahan rekor MURI jalan sehat dengan batu permata itu. Sebab hal itu, kata Rully, akan membuat batu-batu dari Gorontalo makin banyak dikenal orang, terutama dari luar Gorontalo.
“Dengan adanya kegiatan ini, tentu akan mengangkat potensi batu mulia dari Gorontalo agar lebih banyak dikenal orang,” kata Rully.
 
Rully mengharapkan, kepada pejabat-pejabat Gorontalo juga ikut memberikan andil pada kegiatan tersebut. Dan juga lebih mengangkat potensi batu asal Gorontalo. Sebab selama ini, banyak pejabat di Gorontalo bangga dengan batu-batu yang justru berasal dari luar daerah Gorontalo.
 
“Padahal batu dari Gorontalo lebih bagus dari batu-batu yang ada pada umumnya, seperti Red Charnelian Chalzedony, asal Bilato di Kabupaten Gorontalo. Batu itu, secara struktur lebih bagus dari batu Obi dan Bacan yang banyak diburu orang,”


Related Article